Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Definisi E-Business
e-business adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung segala kegiatan bisnis. e-business merupakan sebuah sistem yang komplek dari sebuah proses bisnis. aplikasi enterpsise, dan struktur organisasi yang dibuat untuk menciptakan model bisnis yang mimiliki performa tinggi. e-business membantu perusahaan untuk menghubungkan pemrosesan data internal dan data eksternal menjadi lebih efisien dan lebih fleksibel, bekerja lebih dekat dengan parner bisnis dan pelanggan untuk memberikan palayanan dan harapan yang lebih baik kepada meraka.

terdapat banyak cara yang berbeda untuk mengekspresikan arsitektur teknologi e-bussines, vendor it ternama seperti IBM, Microsoft dan SUN microsystems memiliki cara yang berbeda dalam mengilustrasikan arsitektur e-bussiness, namun dibawah ini merupakan arsitektur sederhana dari teknologi e-business :






E-business memiliki banyak sekali subset diantaranya :

    * E-shops
    * E-commerce
    * E-procurement
    * E-malls
    * E-auctions
    * E-Banking
    * Virtual Communities
    * Collaboration Platforms
    * Third-party Marketplaces
    * Value-chain Integrators
    * Value-chain Service Providers
    * Information Brokerage
    * Telecommunication
    * Customer relationship


Dampak Positif dari E-BUSINESS

Teknologi E-business memiliki banyak sekali pengaruh dalam kegiatan bisnis diantaranya adalah pada proses pembayaran secara elektronik. dengan sistem pembayaran secara elektronik ini maka proses pembayaran dapat dilakukan dengan cepat, dan pada akhirnya dapat meningkatkan pelayanan terhadap para konsumen.

Pada bidang manufaktur teknologi e-business juga memberikan dampak yang sangat besar. sebagai contoh kita membutuhkan informasi yang utuh untuk melakukan kegiatan produksi, penyaluran barang, persediaan barang, sistem pembayaran hingga target pemasaran. proses yang dilakukan secara manual menyebabkan kita sangat sulit untuk mendapatkan informasi yang utuh secara sekaligus dalam waktu yang sangat cepat, dengan bantuan e-business kita dapat mendapatkan informasi yang utuh secara cepat dan akurat dan pada akhirnya mempermudah para manajer untuk mengambil keputusan.

Dalam kegiatan perdagangan valas, teknologi e-business juga memberikan peranan yang sangat besar, dengan menggunakan teknologi e-business seperti teknologi perdaganga valas yang dibuat oleh team marketiva.com, maka kegiatan transaksi valas dapat dilakukan dalam hitungan detik. berbeda dengan proses bisnis yang konvensional dimana kita harus datang ke bank untuk melakukan pembelian dan penjualan mata uang asing yang membutuhkan waktu yang cukup banyak.

Di sektor perdagangan teknologi e-business yang sering kita kenal dengan istilah e-commerce, menyebabkan pemangkasan biaya pemasaran secara besar besaran, hal ini disebabkan teknologi e-business yang memungkinkan kita untuk memperdagangkan produk dan jasa secara online tanpa harus memiliki banyak gudang yang tersebar di mana-mana.

Kegiatan perbankan-pun tidak luput dari inovasi teknologi e-business. didalam dunia perbankan saat ini untuk melakukan pembayaran, transfer ataupun deposit kita cukup menggunakan Hand phone saja dengan menggunakan fasilitas seperti teknologi sms banking, kita tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi-transaksi tersebut. hal tersebut mempersingkat waktu dan memberikan tingkat keamanan dan kenyamanan yang luar biasa bagi para pelanggan.


Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Electronic_business
http://exonous.typepad.com/mis/2007/11/the-bigger-pict.html
http://www.dallasfed.org/research/papers/2004/wp0404.pdf

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar